Penataan Ruang Kantor Agar Meningkatkan Produktivitas Kerja

Cukup memprihatinkan memang, ternyata ada banyak orang di luar sana yang tidak terlalu paham dengan kondisi penataan ruang kantor bisnis mereka guna menunjang operasional bisnis secara keseluruhan. Biasanya kondisi ini terjadi pada bisnis dengan skala yang cukup kecil dan menengah dengan jumlah staf yang tidak terlalu banyak. Bagi para pelaku bisnis dengan skala seperti itu, efektifitas dan produktivitas bisnis belum terlalu menjadi prioritas utama. Yang mereka tekankan biasanya adalah untuk bertahan agar bisnis tetap berjalan, syukur-syukur berkembang. Mereka mungkin berpikir, “Halah, masih bisnis ecek-ecek aja kok harus mengurusi penataan ruang kantor. Nanti saja deh kalau bisnis sudah besar.” Pemikiran semacam ini yang bisa menjebak dan harus diubah dengan segera. Kenyataannya, jika anda memang ingin meningkatkan performa bisnis anda, kantor yang nyaman dan efektif merupakan syarat wajib. Mari kita tengok mengapa seperti itu.

Kantor Yang Tidak Tertata Akan Memicu Ketidak-efektifitasan

Untuk mempermudah anda memahami alasan yang pertama ini, silakan bayangkan anda memasuki sebuah kantor yang sebenarnya memiliki ukuran yang cukup besar. Namun karena penataan yang kurang bagus, ada banyak spot di kantor tersebut yang terkesan kacau balau. Bayangkan anda sedang bekerja dan kemudian anda membutuhkan sesuatu. Karena kondisi kantor yang tidak tertata dengan baik, anda mungkin akan susah menemukan hal yang anda butuhkan tersebut. Ambil contoh, anda membutuhkan sebuah berkas yang tidak bisa anda temukan karena kantor yang tidak tertata dengan baik. Belum lagi kondisi yang kacau balau akan membuat pergerakan para staf menjadi kurang leluasa. Bisa-bisa staf anda mengalami kecelakaan saat bekerja?

Dengan demikian, pastikan ruang kantor tertata dengan baik. Pastikan semuanya bersih dan memiliki tempatnya sendiri-sendiri. Jika anda menggunakan bilik-blik sebagai spot bagi para staf bekerja, pastikan bilik-bilik tersebut tertata dengan rapi jadi para staf tetap bisa melakukan mobilitasnya saat bekerja tanpa terganggu. Hal-hal yang dibutuhkan selama operasional jam kerja juga harus memiliki tempat sendiri. Contoh, anda sebaiknya menyiapkan lemari khusus untuk tempat berkas-berkas bisnis perusahaan anda agar lebih mudah dicari. Dan pastikan semua kembali ke tempat semula setelah digunakan.

Kantor Yang Tidak Tertata Akan Membuat Staf Kurang Nyaman

Satu faktor penting yang menunjang produktivitas usaha anda adalah staf-staf anda. Tanpa mereka, bisnis anda akan pincang. Oleh karenanya, kepuasan staf anda harus selalu diperhatikan. Salah satu hal yang bisa anda lakukan adalah dengan membuat mereka merasa nyaman selama bekerja. Berikan penataan yang baik bagi mereka untuk bekerja serta sediakan fasilitas-fasilitas yang menunjang. Sebagai contoh, pasanglah AC di ruangan kerja mereka. Taruhlah dispenser galon untuk mempermudah mereka membuat minum sebagai usaha untuk merelaksasi mereka selama bekerja. Jaga juga kebersihan area kerja agar semuanya bisa tetap terasa nyaman dan staf anda juga akan terjaga kesehatannya.

Kantor Yang Tidak Tertata Akan Mempengaruhi Reputasi Bisnis

Bayangkan jika kantor anda yang amburadul akan mendapat kunjugan dari calon rekanan bisnis. Tentunya anda akan sangat terburu-buru untuk membereskan semuanya bukan? Anda tidak ingin calon rekanan bisnis anda membatalkan kemitraan akibat dia sudah merasa tidak nyaman dengan kantor anda. Besar kemungkinan calon mitra anda akan kehilangan “selera” untuk bekerja sama dengan anda. Dia mungkin akan berpikir bahwa anda menjalankan bisnis dengan amburadul hanya dengan melihat kondisi kantor anda. Maka, selalu pastikan kantor anda tertata dengan baik dan rapi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*