Malware Penambang Uang Virtual Menjangkiti Jutaan Smartphone Android, Jangan Sampai Jadi Korban!

Apakah Anda pernah mendengar tentang bitcoin atau yang semacamnya? Ya, kita berbicara tentang mata uang virtual yang saat ini sedang sangat ngetrend. Semakin banyak orang yang sudah mencoba berbisnis dengan menggunakan uang virtual ini sebagai poros bisnisnya. Apakah Anda sudah pernah mencoba? Kali ini kita tidak akan berbicara tentang bagaimana berbisnis yang berhubungan dengan uang virtual tersebut, akan tetapi tentang bagaimana ternyata banyak orang yang menjadi korban hacker yang ingin mendapatkan keuntungan dari mata uang virtual.

Anda harus tahu bahwa untuk mendapatkan bitcoin dan mata uang virtual lainnya, seseorang harus melakukan penambangan atau istilah umunya “mining”. Mining ini membutuhkan daya komputerisasi yang besar untuk bisa menghasilkan hasil yang besar pula. Demi mencapai tujuan inilah baru-baru ini diketahui banyak orang yang smartphone mereka ternyata berhasil dihack untuk kepentingan penambangan orang lain. Ketika sebuah smartphone diserang, biasanya smartphone tersebut akan dikirimi iklan redirect yang kemudian akan mengarahkan pengguna smartphone untuk mengunjungi beberapa situs penambangan. Kemudian pengguna akan diminta memasukkan captcha. Sebenarnya, sebelum memasukkan captchapun, sumber daya perangkat, dalam hal ini smartphone korban, sudah dipergunakan oleh hacker. Perusahaan security mobile, Malwarebytes, mengatakan bahwa sumber daya smartphone memang tidak sekuat komputer atau laptop untuk melakukan mining. Akan tetapi karena jumlah smartphone yang terinfeksi sangat besar, maka akan menghasilkan keuntungan yang besar pula bagi hacker.

Malwarebytes mengatakan bahwa satu situs penambangan online bisa mendapatkan kunjungan lebih dari 800.000 pengguna dalam satu hari hanya dari metode yang dituliskan di atas saja. Artinya, sudah ada jutaan smartphone yang berhasil dihack untuk keperluan tersebut. Lebih jauh lagi, Malwarebytes melaporkan bahwa seorang hacker bisa menghasilkan uang hingga $3,6 juta. Jumlah yang sangat besar. Untuk menghindari praktek hacking tersebut, Malwarebytes menyarankan pengguna smartphone untuk menginstal aplikasi ad-blocker ataupun aplikasi sekuriti yang lainnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*